HUBUNGAN PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER



HUBUNGAN PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER
TERHADAP HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA

Hubungan Pengetahuan Dasar Komputer terhadap hasil belajar Komunikasi Data bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengetahuan Dasar Komputer terhadap hasil pembelajaran mata kuliah Komunikasi Data. Pengetahuan dasar komputer merupakan hal dasar yang harus dipelajari karena dapat menambah dan membekali mahasiswa dalam penguasaan suatu sistem komputer. Mahasiswa Teknik Elektro yang mengambil mata kuliah Komunikasi Data harus mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar komputer. Penelitian  survei dilakukan dengan teknik korelasi. Populasinya adalah mahasiswa program non-reguler jurusan Teknik Elektro 2004/2005 yang mengambil matakuliah Komunikasi Data sebanyak 40 orang.


Kata Kunci: Pengetahuan Dasar Komputer, Komunikasi Data,teknik korelasi

Sejalan dengan lajunya perkembangan dunia teknologi moderen saat ini, banyak mengakibatkan perubahan kehidupan manusia dalam menangani setiap permasalahan yang  ada hubungannya dengan proses pembangunan secara menyeluruh. Sekarang ini kemajuan teknologi dalam pengunaan data dan informasi yang tepat dan akurat  sudah mengalami kemajuan yang sangat drastis. Penerapan sistem data dan informasi sebenarnya tidak terlepas dari penanganan suatu sistem informasi.

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi tersebut, maka manusia telah menciptakan suatu peralatan canggih yang di sebut komputer. Komputer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat  serta di rancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori. Komputer dapat menangani suatu sistem informasi cepat, tepat, dan akurat dalam waktu yang singkat tanpa terdesak oleh keterbatasan waktu. Selain itu komputer bukan saja dapat menangani sekedar informasi , namun juga mampu Pengetahuan Dasar Komputer sangat berhubungan dengan mata kuliah Komunikasi Data karena prinsip dasar komputer mempermudah komunikasi data. Di dalam Komunikasi Data membahas tentang penggunaan dan struktur jaringan data; lapisan fisik data link berupa protocol, slidding windows; network berupa routing, congesti,transport dan seision, presentasi dan aplikasi. Pada mata kuliah ini pengetahuan dasar computer sangat diperlukan karena sistem komunikasi data memiliki hardware dan software yang harus digunakan untuk dapat membuat jaringan komputer sehingga komunikasi data dapat dijalankan. Bila kita memahami prinsip dari dasar computer maka kita dapat dengan mudah memahami materi serta perangkat komunikasi data yang digunakan.

Penggunaan metode survei dengan penelitian korelasi (ex post facto). Metode survei dilakukan dengan memberikan tes Pengetahuan Dasar Komputer kepada mahasiswa yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengetahuan Dasar Komputer yang dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan Pengetahuan Dasar Komputer terhadap hasil belajar Komunikasi Data dan seberapa erat hubungannya.

Definisi Komputer
computare→  to compute→   menghitung 
              
Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi,                                            menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, bekerja secara otomatis.

Siklus Pengolahan Data

ü  Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Pengolahan adalaha manipulasi dari data ke dalam Pascal, Bahasa C, dan sebagainya.
·   Bahasa Generasi Ke-4 ; Informix, Oracle, dan sebagainya.
v  Paket Aplikasi
·   Word Star, dBase-II, Lotus 1-2-3, dan lain-lain.
·   MS-Word, MS-Excell, MS-Power Point, dan lain-lain
v  Sistem Operasi
·   IBM–DOS, MS-DOS
·   WINDOWS
·   UNIX
·   LINUX
Pengenalan Brainware
·   Sistem Analis
Orang yang merancang suatu system.
·   Progammer
Orang yang membuat program
·   End-User
Orang yang menggunakan komputer secara langsung

Pengenalan Dasar Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan komputer yang dihubungkan agar dapat saling berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya (seperti file dan printer).
Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya.
Dibutuhkan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan

Sistem Komunikasi
Jaringan komputer ↔ jaringan komunikasi data ↔ sistem komunikasi. Pertukaran data minimal antar dua entitas

Komunikasi dan Jaringan Komputer
Tiga buah elemen untuk komunikasi data:

Transmisi Data :

  1. Media Transmisi (Kabel, Satellite System, Laser System).
  2. Kapasitas Channel Transmisi (Voice Band, Wideband).

Jenis-Jenis Jaringan
         Berdasarkan koneksi (keterhubungan):

  1. Broadcast Links
  2. Point-to-point Links

         Berdasarkan topologi:

  1. Bus
  2. Star
  3. Ring
  4. Dan lain-lain

         Berdasarkan skala:

  1. Local Area Network (LAN)
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
  3. Wide Area Network (WAN)
  4. Internetwork (internet)

         Berdasarkan protokol:

  1. Ethernet
  2. Token Ring
  3. Dan lain-lain

         Berdasarkan arsitektur

  1. Peer-to-peer
  2. Client/Server
  3.  hybrid

 Jenis Topologi Jaringan

  • Star Network
  • Hierarchical Tree Network
  • Web Network
LAN
Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km.
   Teknologi:
  1. Ethernet LAN
  2. Wireless LAN


Client/Server
   Definisi:

  1. Server (back end) adalah penyedia layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan
  2. Client (front end) adalah komputer yang meminta layanan dari server

   Client/Server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server.
   Keuntungan:
  1. Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengelolaan dan backup data
  2. Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan
  3. Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal
  4. Keamanan lebih terjamin
   Kekurangan:
  1. Biaya pembelian hardware dan software server
  2. Dibutuhkan administrator jaringan

Peer-to-Peer
   Sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus
   Keuntungan:

  1. Tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server
  2. Tidak diperlukan administrator jaringan

   Kekurangan:

  1. Sharing sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan
  2. Keamanan tidak terjamin.

Hybrid
   Menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer.
   User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server.
 

Kesimpulan
·   Menunjukkan adanya hubungan yang berarti (positif) antara Pelatihan Dasar Komputer terhadap hasil belajar Komunikasi Data. Jika nilai Pelatihan Dasar Komputer tinggi maka nilai Komunikasi Data juga akan tinggi, begitu juga sebaliknya.
·   Sumbangan Pengetahuan Dasar Komputer terhadap hasil belajar Komunikasi Data sangat besar yaitu 80%. Menunjukkan bahwa hasil belajar Komunikasi Data dapat dipengaruhi oleh Pelatihan Dasar Komputer.

Saran
·   Kepada pihak jurusan disarankan memberikan Pelatihan Dasar Komputer kepada mahasiswa dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh BEM sebagai pelaksananya, untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang berhubungan dengan mata kuliah komputer (Komunikasi Data).
·   Dosen memberikan gambaran Pelatihan Dasar Komputer kepada mahasiswa sebelum melakukan perkuliahan Komunikasi Data.

menangani berbagai proses perhitungan dan anlisis ilmiah maupun perusahaan dngan kecepatan yang tinggi dan biaya yang memadai.

Komputer di bagi menjadi tiga perangkat yaitu, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan  faktor manusia (brainware). Faktor manusia diperlukan untuk menangani sistem komputer itu sendiri, yang terdiri dari analisis, programmer, operator, dan diri sendiri. Pengetahuan Dasar Komputer sangat penting. Di jurusan teknik elektro, HMJ mengadakan Pelatihan Dasar Komputer untuk mahasiswa baru dan lama. Pelatihan Dasar Komputer pernah menjadi mata kuliah yaitu mata kuliah Dasar Komputer pada kurikulum di jurusan. Yang membahas tentang perkembangan alat bantu komputansi, jenis komputer, organisasi komputer, peripheral komputer, bahan-bahan pemrograman, kecenderungan perangkat komputer, dan program-program terapan dan penggunaannya. Namun mata kuliah ini di hapus sejak 1999/2000 karena untuk efektivitas pengembangan mata kuliah di jurusan.

bentuk yang lebih berguna dan berarti.Informasi adalah hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

 

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net